Senin, 28 Januari 2013

Fitur Windows 8 yang tersembunyi

Fitur Windows 8 yang Tersembunyi – Anda mungkin sering melihat iklan Windows 8 di TV ataupun di youtube. Microsoft memang sedang gencar-gencar nya mempromosikan produk sistem operasi terbarunya ini. Windows 8 merupakan sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft dengan berbagai keunggulannya. Terdapat berbagai fitur menarik yang dapat Anda nikmati pada Windows 8, seperti Metro, dukungan aplikasi dari Windows Store, dan lain sebagainya.
Windows 8
Namun dibalik semua itu terdapat beberapa fitur menarik yang tersembunyi di Windows 8 yang jarang diketahui oleh penggunanya. Berikut Paseban akan membahas fitur Windows 8 yang tersembunyi itu:
Tema Aero
Aero merupakan tema yang menjadi ciri khas dari Windows 7 dan secara default fitur tersebut tidak lagi disertakan pada Windows 8. Namun bukan berarti Anda tidak dapat memilikinya karena dengan sedikit modifikasi pada registry Anda maka fitur aero dapat kembali Anda nikmati di Windows 8. untuk mengaktifkannya Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Tekan tombol Win + R kemudian ketikkan “resources.” Buka Themes > Aero dan copy aerolite.msstyles ke folder utama (Themes). Klik agree jika windows meminta persetuan dari administrator.
  • Copy file aero.theme dan taruh file tersebut di desktop Anda. Klik kanan pada file tersebut dan buka open with > notepad. Setelah terbuka di notepad klik File > save asdan beri nama file tersebut “aerolite.theme” tanpa tanda petik. Kemudian lakukan perubahan sebagai berikut:o Ubah semua baris ke lima dengan DisplayName= Aero Lite
    o Cari bagian [VisulaStyles] lalu ganti isinya dengan Path=%ResourceDir%ThemesAeroAerolite.msstyles
  • Simpan kembali file tersebut kemudian buka Control Panel > Change the Theme atau klik kanan pada desktop lalu pilih personalization, maka Anda akan melihat sebuah tema Aero Lite terpasang di sana.
Animasi Start Screen
Ketika Anda menghidupkan Windows 8 maka Anda akan melihat sebuah animasi yang unik ketika tampilan start screen muncul. Namun sayangnya, animasi unik tersebut tidak muncul lagi ketika Anda membuka start screen untuk selanjutnya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena animasi tersebut bisa dimunculkan kembali hanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Tekan tombol Win + R, lalu ketikan regedit. Klik agree jika Windows meminta persetujuan Administrator.
  • Bukalah folder HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShellGrid lalu klik kanan pada kolom sebelah kanan dan pilih New > DWORD (32-bit) Value
  • Tulis nama file tersebut sebagai Launcher_SessionLoginAnimation_OnShow, lalu buka dan rubahlah value-nya menjadi 1.
  • Klik OK dan tutup registry editor, maka start screen Anda akan selalu memunculkan animasi setiap Anda buka.
Juah Baris pada Start Screen
Secara default, start screen pada windows 8 Anda akan terdiri dari 4 baris. Namun Anda dapat merubah juah barisnya sesuai dengan yang Anda inginkan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Tekan tombol Win + R, lalu ketikan regedit. Klik agree jika Windows meminta persetujuan Administrator.
  • Buka folder HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShellGrid lalu cari file Layout_MaximumRowCount.
  • Buka file tersebut lalu ubah base-nya ke decimal lalu masukan juah baris yang Anda inginkan pada kolom value. Juah maksimal baris yang bisa Anda masukan adalah 5.
  • Klik OK dan tutup registry editor, lalu restart windows 8 Anda untuk melihat hasilnya.
Melakukan Pencarian dari dalam Aplikasi
Melakukan pencarian pada Windows 8 memang agak sedikit rumit. Namun ketika Anda mengetahui tekniknya maka semuanya akan terasa sangat mudah bagi Anda. Fitur yang cukup menarik dari Windows 8 adalah kemampuannya untuk melakukan pencarian di dalam sebuah aplikasi sehingga pencarian Anda dapat difilter untuk aplikasi tertentu saja. Untuk mengaktifkannya, buka Settings > Change PC Settings > Search, lalu pilihlah aplikasi yang ingin Anda masukan ke dalam pencarian atau yang ingin Anda hilangkan dari hasil pencarian Anda.
Mengambil Screenshot
Sejak versi pertama Windows diluncurkan, fitur untuk melakukan screenshoot secara langsung tidak pernah diimplementasikan di Windows. Walaupun hal tersebut dapat dilakukan melalui Microsoft word atau snipping tools, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang praktis. Bahkan fitur lama Windows untuk mengambil screenshot lewat tombol Print Screen dan menyimpannya di paint juga dianggap sebagai hal yang kurang praktis. Namun hal tersebut tidak akan terjadi lagi di Windows 8 karena hanya dengan menekan tombol Win + Print Screen maka screenshoot Anda akan langsung tersimpan dalam format PNG di Picture Library.
Itulah 5 Fitur Windows 8 Tersembunyi yang perlu anda ketahui sebelum menggunakan operating sistem terbaru microsoft ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar